Minggu, 08 November 2015

Potensi Cirebon Menjadi Smart City

Cirebon Menuju Smart City, bisakah Cirebon mewujudkan itu semua? sebelum kita menjawab itu tentunya kita harus tau dulu apa itu Smart City. Berikut pengertian Smart City menurut Wikipedia :
"A smart city uses digital technologies or information and communication technologies (ICT) to enhance quality and performance of urban services, to reduce costs and resource consumption, and to engage more effectively and actively with its citizens." 
Smart City adalah kota yang menggunakan teknologi digital atau teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kinerja pelayanan perkotaan, mengurangi biaya dan konsumsi sumber daya, serta untuk berkomunikasi lebih efektif dan aktif dengan warganya.

Cirebon Menuju Smart City

Cirebon Smart City
Cirebon akan bisa disebut Smart City apabila dalam menjalankan sistem pemerintahannya didukung oleh teknologi informasi dan komunikasi yang memadai, yang nantinya akan mempermudah warganya dalam melakukan segala macam aktifitas.


Cirebon bisa mewujudkan itu semua karena kota ini memiliki potensi yang sangat luar biasa, apa saja potensi yang dimiliki Cirebon demi menunjang sebagai Smart City? Saya akan mengelompokan dalam beberapa aspek berikut:

1. Memiliki Sarana Transportasi yang Baik
Kenapa saya bilang Cirebon memiliki sarana transportasi yang baik, karena untuk nenuju kota ini siapapun akan dengan mudah untuk melaluinya. Ada beberapa Tol yang menjadi penghubung kota-kota besar dengan Cirebon, diantaranya adalah Tol Cikampek - Palimanan ( CIPALI ) dan Tol Kanci - Pejagan, serta dilalui oleh jalur Pantura penghubung antara Jawa Barat dengan Jawa Tengah. Cirebon juga memiliki 2 stasiun yaitu Stasiun Kejaksan dan Parujakan, sehingga untuk menuju kota ini akan semakin mudah serta mempermudah warga Cirebon untuk bepergian menuju kota lain.

2. Memiliki Banyak Tempat Wisata
Kalau berbicara tentang wisata Cirebon mungkin tidak akan ada bosannya, sebab kota ini memiliki banyak sekali tempat maupun bentuk wisata yang tidak kalah dengan kota lain. Dalam hal ini akan saya golongkan wisata Cirebon dalam beberapa jenis, diantaranya sebagai berikut:

a. Wisata Alam
Beberapa wisata alam di Cirebon antara lain: Banyu Panas Palimanan, Waterland Ade Irma Suryani, Taman Wisata Siwalk Mundu, Pantai Kejawanan, Situ Sedong, Plangon Sumber, Situ Patok, Wisata Kura-kura Belawa, dll.

b. Wisata Sejarah
Beberapa wisata sejarah di Cirebon antara lain: Keraton Kaprabonan, Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, Keraton Kacirebonan, Goa Sunyaragi, Gedung Karesidenan Cirebon, Situs Pejambon, Prasasti Huludayeuh, Makam Gunung Sembung, Keraton Gebang, dll.

c. Wisata Ziarah
Beberapa wisata ziarah di Cirebon antara lain: Makam Sunan Gunung Jati, Situs Batu Tulis huludayeuh, Petilasan Cimandung, Situs Pasanggrahan Balong Biru, Balong Keramat Tuk, Makam keramat Megu, Situs Lawang Gede, Makam Nyi Mas Gandasari, Makam Syekh Magelung Sakti, Makam Talun, Makam Buyut Trusmi, Makam P. Jakatawa dan Syeh Bentong, dll.

d. Wisata Kuliner
Beberapa wisata kuliner di Cirebon antara lain: Sega Jamblang, Empal Gentong, Tahu Gejrot, Krupuk Lambak, Nasi Lengko, dll.

e. Wisata Belanja
Cirebon juga memiliki wisata belanja terkenal yang menjadi kebanggaan diantaranya yaitu: Pasar Batik Trusmi Cirebon dan Pasar Sandang Tegalgubug. Oya perlu kita ketahui bahwa Cirebon memiliki motif batik khas yang sangat indah yaitu Mega Mendung, yang pada tanggal 2 Oktober 2015 lalu saya sendiri mengenakan batik dengan motif mega mendung untuk memperingati hari batik nasional.

f. Wisata Seni dan Budaya
Salah satu yang menarik dari Cirebon yaitu memiliki wisata seni dan budaya yang menjadi ciri khas kota ini, diantaranya adalah sebagai berikut: Tari Topeng, Lukisan Kaca, Ider-ideran Trusmi, Arak-arakan Karang Mas, Nadranan Gunung Jati, Muludan, Panjang Jimat, Haul Buntet Pesantren, dll.

Dengan potensi yang dimiliki Cirebon yang telah saya sebutkan diatas, kita akan dengan mudah menjadi smart city karena itu adalah modal awal untuk pemerintah dalam membangun kota menjadi semakin maju dan berkembang.

Selain beberapa aspek diatas, Cirebon juga telah mendapat dukungan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Cirebon Dalam Rangka Hari Jadi Cirebon ke- 646 tanggal 14 Oktober 2015 lalu, Menteri Yuddy Chrisnandi mengatakan:
"Cirebon terletak di jalur pantai utara Pulau Jawa merupakan penghubung antara Jakarta-Surabaya, urat nadi perekonomian jawa dan Indonesia. "Sebagai kota pelabuhan dan poros maritim nusantara, Cirebon dengan semboyan 'gemah ripah loh jinawi', ke depan hendaknya bersatu padu untuk membangun kota Cirebon sebagai kota yang makmur, kota yang cerdas (smart city), serta kota yang asri yang memberi kebahagiaan bagi warganya (green city)." 
*Dikutip dari www.menpan.go.id dengan judul "MENTERI YUDDY : BANGUN CIREBON SEBAGAI SMART CITY".



Bagaimana Cara Mewujudkan Cirebon Smart City?


Dengan beberapa aspek yang telah saya paparkan di atas, kita akan mewujudkan Cirebon Smart City. Bagaimana caranya? Dengan kerja keras pemerintah dan di bantu oleh kekuatan elemen masyarakat yang kompak kita akan bersama-sama mewujudkan Cirebon kota tercinta ini menjadi Smart City.

Pemerintah Kota dan Kabupaten Cirebon bisa memanfaatkan potensi luar biasa yang telah saya sebutkan diatas sebagai modal untuk mendatangkan wisatawan berkunjung ke Cirebon, dengan begitu kita akan memperoleh sumber pendapatan daerah yang tinggi. Untuk mempublikasikan wisata yang kita miliki pemerintah bisa bekerjasama dengan Publisher yang ada di Cirebon untuk mempublikasikan melalui media online.

Cirebon memiliki Komunitas Blogger Cirebon yang handal yang akan mampu mendukung pemerintah untuk mewujudkan Cirebon Smart City, dengan bantuan para Blogger Cirebon seluruh masyarakat Indonesia akan mempu melihat potensi-potensi yang ada di Cirebon melalui Website atau Blog yang mereka buat. Dengan kekuatan teknologi dan informasi yang mampu menjangkau dengan detail seluruh informasi wisata Cirebon dan dibantu dengan kemudahan sarana transportasi yang baik diharapkan akan mampu mendatangkan banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara datang ke Cirebon untuk menikmati setiap keindahan kota ini.

Cirebon juga memiliki hotel yang mampu mengundang wisatawan datang ke kota ini, karena hotel ini memiliki fasilitas yang lengkap dan tingkat kenyamanan yang cukup tinggi. Jadi wisatawan yang datang ke Cirebon tidak perlu hawatir mencari tempat menginap yang tepat, hotel ini tidak jauh dari pusat kota sehingga akan dengan mudah menjangkaunya.

Saat ini para Blogger Cirebon sudah mulai membentuk media sosial, teknologi, dan informatika yang berupa internet (dunia maya) untuk bersosialisasi dengan seluruh masyarakat Cirebon, meningkatkan kualitas dan kinerja pelayanan perkotaan, serta dapat mengurangi biaya dan konsumsi sumber daya. Jika kita sudah dapat berkomunikasi dengan baik melalui tekhnologi informasi dan komunikasi maka Cirebon sudah dapat menjadi Smart City.

Untuk menciptakan media informasi dan komunikasi yang baik tentunya harus didukung oleh jaringan telekomunikasi yang memadai, tanpa itu semua Smart City tidak akan berjalan dengan baik. Smartfren mampu menunjang itu semua dengan jaringan 4G LTE nya, dengan Smartfren 4G LTE Cirebon akan menjadi Smart City "Smartfren For Cirebon Smart City".

Disamping itu pemerintah Kota Cirebon akan melakukan kerjasama dengan dua perusahaan di Jepang untuk memasang 2000 CCTV yang akan dipasang di sudut-sudut protokol Kota Cirebon. Informasi ini didapat dari salah satu portal berita online yaitu fajarnews.com pada tanggal 26 Agustus 2015 dengan judul berita "Smart City, 2.000 CCTV Bakal Dipasang di Sudut Kota Cirebon". Adanya kerjasama ini tentunya akan semakin memperlancar Cirebon Menuju Smart City.

Demikian ide dan gagasan saya mengenai Cirebon Menuju Smart City, artikel ini dibuat untuk mengikuti lomba blog yang diselenggarakan oleh Komunitas Blogger Cirebon dalam rangka memperingati Hari Batik, Hari Blogger Nasional, Hari Sumpah Pemuda dan Hari Ulang Tahun Kota Cirebon. Terselenggaranya acara ini tidak lepas dari PT. Smartfren Tbk. yang telah mensponsori. Dengan diadakannya lomba ini diharapkan Cirebon akan menjadi kota yang berkembang pesat, terimakasih untuk semua yang sudah mendukung acara ini. Saya sebagai orang Cirebon merasa bangga dengan terselenggaranya lomba ini, semoga acara ini berjalan dengan sukses dan lancar. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Terimakasih Telah Mengunjungi MIFIKU, Kalau Kamu Mau Dapet Info Terupdate Tentang MiFi Silakan Klik Follow pada Gambar Berikut:

Join This Site

Related : Potensi Cirebon Menjadi Smart City

0 komentar:

Posting Komentar